No image available for this title

Text

Analisa Segmentasi Customer Pada Perusahaan Bisnis Properties Menggunakan Model RFM (Kasus PT. Pollux Aditama Kencana)



Perkembangan bisnis di bidang properti saat ini banyak yang menjanjikan. Sehingga menyebabkan persaingan bisnis yang begitu ketat. PT. Pollux Aditama Kencana yang bergerak dibidang bisnis properti harus memiliki strategi dalam setiap persaingan pasar, khususnya dalam meraih loyalitas customer. Penelitian ini menggunakan model Recency, Frequency, dan Monetary (RFM) yang dikombinasikan dengan K-Means. Model RFM digunakan untuk untuk proses klasterisasi data customer berdasarkan jumlah aktivitas transaksi, nominal transaksi, dan waktu transaksi. Sedangkan K-Means dapat mengGambarkan tingkat loyalitas customer. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari sales report pada 28 November 2014 sampai 19 September 2022 terhadap 1966 customer pada pembelian properti. Hasil menunjukan penggunaan model RFM dan K-Means yang diusulkan lebih unggul disbandingkan hanya menggunakan model RFM saja. Cluster ke-1 memiliki 936 customer menjelaskan tentang customer yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan, sedangkan cluster ke-2 memiliki 250 customer menjelaskan tentang customer yang memiliki loyalitas rendah, dan cluster ke-3 memiliki 780 customer menjelaskan tentang customer yang memiliki loyalitas sedang. Model RFM dan K-Means yang digunakan berhasil menghasilkan beberapa atribut loyalitas yang berpengaruh pada penilaian customer dengan nilai 4% berada di top customer, 12% high value customer, 34% medium value customer, 31% low value customer, 19% lost customer


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
380.03
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisa Segmentasi Customer Pada Perusahaan Bisnis Properties Menggunakan Model RFM (Kasus PT. Pollux Aditama Kencana)
    Perkembangan bisnis di bidang properti saat ini banyak yang menjanjikan. Sehingga menyebabkan persaingan bisnis yang begitu ketat. PT. Pollux Aditama Kencana yang bergerak dibidang bisnis properti harus memiliki strategi dalam setiap persaingan pasar, khususnya dalam meraih loyalitas customer. Penelitian ini menggunakan model Recency, Frequency, dan Monetary (RFM) yang dikombinasikan dengan K-Means. Model RFM digunakan untuk untuk proses klasterisasi data customer berdasarkan jumlah aktivitas transaksi, nominal transaksi, dan waktu transaksi. Sedangkan K-Means dapat mengGambarkan tingkat loyalitas customer. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari sales report pada 28 November 2014 sampai 19 September 2022 terhadap 1966 customer pada pembelian properti. Hasil menunjukan penggunaan model RFM dan K-Means yang diusulkan lebih unggul disbandingkan hanya menggunakan model RFM saja. Cluster ke-1 memiliki 936 customer menjelaskan tentang customer yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan, sedangkan cluster ke-2 memiliki 250 customer menjelaskan tentang customer yang memiliki loyalitas rendah, dan cluster ke-3 memiliki 780 customer menjelaskan tentang customer yang memiliki loyalitas sedang. Model RFM dan K-Means yang digunakan berhasil menghasilkan beberapa atribut loyalitas yang berpengaruh pada penilaian customer dengan nilai 4% berada di top customer, 12% high value customer, 34% medium value customer, 31% low value customer, 19% lost customer


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly