No image available for this title

Text

Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Chatgpt Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes



Analisis sentimen atau opinion mining adalah deteksi terhadap sikap, pendapat maupun emosi terhadap suatu objek. Nilai analisis sentimen dapat dibagi menjadi 2 jenis sentimen yaitu sentimen positif dan negatif. Salah satu topik yang menjadi pembicaraan masyarakat saat ini pada media sosial Twitter adalah sebuah aplikasi chatbot berbasis AI yaitu ChatGPT. Penelitian ini menjadikan tweet masyarakat pada Twitter sebagai bahan analisis sentimen. Penarikan data dilakukan menggunakan Twitter API dengan pengolahan data pada Rapidminer dan visualisasi menggunakan Power BI. Proses analisis sentimen menggunakan algoritma Naïve Bayes dengan menbagi data sebanyak 301 tweet menjadi data latih dan data uji. Kemudian pengujian menggunakan Confussion matrix untuk menghitung performance hasil klasifikasi. Dari hasil pengujian didapatkan akurasi sebesar 80%, kemudian nilai Precission sebesar 80,95% dan nilai Recall sebesar 89,47%. Dapat disimpulkan bahwa sentimen masyarakat pada twitter untuk aplikasi ChatGPT cenderung positif dilihat dari jumlah data tweet positif sebanyak 74%. Kata kunci: Sentimen Analisis,


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Chatgpt Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes
    Analisis sentimen atau opinion mining adalah deteksi terhadap sikap, pendapat maupun emosi terhadap suatu objek. Nilai analisis sentimen dapat dibagi menjadi 2 jenis sentimen yaitu sentimen positif dan negatif. Salah satu topik yang menjadi pembicaraan masyarakat saat ini pada media sosial Twitter adalah sebuah aplikasi chatbot berbasis AI yaitu ChatGPT. Penelitian ini menjadikan tweet masyarakat pada Twitter sebagai bahan analisis sentimen. Penarikan data dilakukan menggunakan Twitter API dengan pengolahan data pada Rapidminer dan visualisasi menggunakan Power BI. Proses analisis sentimen menggunakan algoritma Naïve Bayes dengan menbagi data sebanyak 301 tweet menjadi data latih dan data uji. Kemudian pengujian menggunakan Confussion matrix untuk menghitung performance hasil klasifikasi. Dari hasil pengujian didapatkan akurasi sebesar 80%, kemudian nilai Precission sebesar 80,95% dan nilai Recall sebesar 89,47%. Dapat disimpulkan bahwa sentimen masyarakat pada twitter untuk aplikasi ChatGPT cenderung positif dilihat dari jumlah data tweet positif sebanyak 74%. Kata kunci: Sentimen Analisis,


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly