No image available for this title

Text

Optimasi Sentimen Analisis Informatif dan Tidak Informatif dari Tweet di BMKG Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Metode Teknik Pengambilan Sampel Minoritas Sintetis



Kemunculan jejaring sosial berbasis komputer dan handphone nampaknya mendapat perhatian tinggi dari masyarakat. Terbukti dengan semakin banyaknya jejaring sosial yang muncul. Friendster, Facebook, Twitter, Linkd In dan masih banyak lainnya. Twitter merupakan salah satu sosial media yang digunakan dalam mencari informasi, Para pengguna twitter umumnya melaporkan setiap aktivitasnya. Mereka bahkan semakin terbantu dengan adanya handphone yang semakin canggih. Sistem yang dibuat pada penelitian ini untuk optimasi analisis sentiment informatif dan tidak informatif menggunakan aplikasi rapid miner dengan metode Naïve Bayes, Naïve Bayes + Adaboost, SVM, dan SVM PSO dengan menggunakan data yang di ambil dari twitter @infoBMKG. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data tweet dari twitter yang diambil dengan metode Crawling. Data yang diambil adalah tweet dalam bahasa Indonesia dengan jumlah 1.000 tweet dari akun twitter @infoBMKG. Hasil dari tes algoritma metode naïve bayes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja akurasi, presisi, recall, AUC dari hasil pelatihan dan pengajuan dataset yang telah melalui proses pra pengolahan data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa optimasi sentimen analisa informatif dan tidak informatif dari tweet pada twitter BMKG mendapatkan hasil yang baik menggunakan metode Support Machine Vector dengan nilai Akurasi, Recall, dan AUC yang lebih tinggi dibandingkan metode lainnya.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Optimasi Sentimen Analisis Informatif dan Tidak Informatif dari Tweet di BMKG Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Metode Teknik Pengambilan Sampel Minoritas Sintetis
    Kemunculan jejaring sosial berbasis komputer dan handphone nampaknya mendapat perhatian tinggi dari masyarakat. Terbukti dengan semakin banyaknya jejaring sosial yang muncul. Friendster, Facebook, Twitter, Linkd In dan masih banyak lainnya. Twitter merupakan salah satu sosial media yang digunakan dalam mencari informasi, Para pengguna twitter umumnya melaporkan setiap aktivitasnya. Mereka bahkan semakin terbantu dengan adanya handphone yang semakin canggih. Sistem yang dibuat pada penelitian ini untuk optimasi analisis sentiment informatif dan tidak informatif menggunakan aplikasi rapid miner dengan metode Naïve Bayes, Naïve Bayes + Adaboost, SVM, dan SVM PSO dengan menggunakan data yang di ambil dari twitter @infoBMKG. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data tweet dari twitter yang diambil dengan metode Crawling. Data yang diambil adalah tweet dalam bahasa Indonesia dengan jumlah 1.000 tweet dari akun twitter @infoBMKG. Hasil dari tes algoritma metode naïve bayes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja akurasi, presisi, recall, AUC dari hasil pelatihan dan pengajuan dataset yang telah melalui proses pra pengolahan data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa optimasi sentimen analisa informatif dan tidak informatif dari tweet pada twitter BMKG mendapatkan hasil yang baik menggunakan metode Support Machine Vector dengan nilai Akurasi, Recall, dan AUC yang lebih tinggi dibandingkan metode lainnya.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly