No image available for this title

Text

Penentuan Tingkat Pemahaman Mahasiswa dalam Matakuliah Kelas Daring dengan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Mahasiswa/i FTI Angkatan 2019)



Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan klasifikasi dengan algoritma C4.5 untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap perkuliahan online di Fakultas Teknologi Informasi UKSW. Dalam menjalankan kegiatan perkuliahan dimana mahasiswa harus melakukan kuliah daring, mahasiswa diharapkan dapat memahami semua materi yang diberikan. Banyak hal yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa dalam mencerna materi kuliah online. Data diambil dari hasil kuisioner mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi UKSW angkatan 2019. Lima atribut yang digunakan yaitu suasana pembelajaran, alat pembelajaran, komunikasi, cara mengajar, dan jaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah algoritma C4.5 yang membangun pohon keputusan menggunakan software RapidMiner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 27 rules dengan 18 rules paham dan 9 rules tidak paham. Dalam kasus tingkat pemahaman mahasiswa di kelas daring tingkat akurasi mencapai 70%, yang berarti bahwa mahasiswa cukup memahami matakuliah yang disajikan secara daring.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Tingkat Pemahaman Mahasiswa dalam Matakuliah Daring dengan C4.5 (Aldy Alvharo Tarigan) |339 Penentuan Tingkat Pemahaman Mahasiswa dalam Matakuliah Kelas Daring dengan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Mahasiswa/i FTI Angkatan 2019)
    Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan klasifikasi dengan algoritma C4.5 untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap perkuliahan online di Fakultas Teknologi Informasi UKSW. Dalam menjalankan kegiatan perkuliahan dimana mahasiswa harus melakukan kuliah daring, mahasiswa diharapkan dapat memahami semua materi yang diberikan. Banyak hal yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa dalam mencerna materi kuliah online. Data diambil dari hasil kuisioner mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi UKSW angkatan 2019. Lima atribut yang digunakan yaitu suasana pembelajaran, alat pembelajaran, komunikasi, cara mengajar, dan jaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah algoritma C4.5 yang membangun pohon keputusan menggunakan software RapidMiner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 27 rules dengan 18 rules paham dan 9 rules tidak paham. Dalam kasus tingkat pemahaman mahasiswa di kelas daring tingkat akurasi mencapai 70%, yang berarti bahwa mahasiswa cukup memahami matakuliah yang disajikan secara daring.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly