No image available for this title

Text

Penerapan Algoritma C.45 Untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Kartu Telkomsel Prabayar



Telkomsel merupakan perusahaan operator telepon seluler yang menyediakan layanan untuk pengguna telepon seluler. Operator telepon seluler membuatkan kartu SIM dengan ukuran kecil untuk pelanggan dengan cara harus dimasukan ke setiap ponsel untuk mendapatkan akses layanan tersebut. Salah satu operator seluler yang banyak digunakan dan termasuk dalam kategori terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel. Dalam Penelitian ini menerapkan metode Algoritma C.45 dalam memutuskan kepuasan pelanggan terhadap penggunaan kartu Telkomsel prabayar. Jenis penelitian ini yakni dengan menerapkan konsep data mining dengan melibatkan sebanyak 100 data pengguna kartu Telkomsel prabayar melalui penyebaran kuesioner. Terdapat atribute dalam setiap variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diantaranya yakni : harga, promosi, kualitas produk dan kualitas layanan. Berdasarkan hasil perhitungan manual dan dengan bantuan software RapidMiner studio 9.7 diketahui yang menjadi akar (root) adalah variabel kualitas layanan dengan nilai gain tertinggi sebesar 0.266396957 dan hasil klasifikasi nilai accuracy sebesar 0.9655 sehingga termasuk dalam kategori klasifikasi sangat baik.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Penerapan Algoritma C.45 Untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Kartu Telkomsel Prabayar
    Telkomsel merupakan perusahaan operator telepon seluler yang menyediakan layanan untuk pengguna telepon seluler. Operator telepon seluler membuatkan kartu SIM dengan ukuran kecil untuk pelanggan dengan cara harus dimasukan ke setiap ponsel untuk mendapatkan akses layanan tersebut. Salah satu operator seluler yang banyak digunakan dan termasuk dalam kategori terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel. Dalam Penelitian ini menerapkan metode Algoritma C.45 dalam memutuskan kepuasan pelanggan terhadap penggunaan kartu Telkomsel prabayar. Jenis penelitian ini yakni dengan menerapkan konsep data mining dengan melibatkan sebanyak 100 data pengguna kartu Telkomsel prabayar melalui penyebaran kuesioner. Terdapat atribute dalam setiap variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diantaranya yakni : harga, promosi, kualitas produk dan kualitas layanan. Berdasarkan hasil perhitungan manual dan dengan bantuan software RapidMiner studio 9.7 diketahui yang menjadi akar (root) adalah variabel kualitas layanan dengan nilai gain tertinggi sebesar 0.266396957 dan hasil klasifikasi nilai accuracy sebesar 0.9655 sehingga termasuk dalam kategori klasifikasi sangat baik.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly