Record Detail
Advanced Search
Text
Penerapan Algoritma C.45 Untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Kartu Telkomsel Prabayar
Telkomsel merupakan perusahaan operator telepon seluler yang menyediakan layanan untuk pengguna telepon seluler. Operator telepon seluler membuatkan kartu SIM dengan ukuran kecil untuk pelanggan dengan cara harus dimasukan ke setiap ponsel untuk mendapatkan akses layanan tersebut. Salah satu operator seluler yang banyak digunakan dan termasuk dalam kategori terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel. Dalam Penelitian ini menerapkan metode Algoritma C.45 dalam memutuskan kepuasan pelanggan terhadap penggunaan kartu Telkomsel prabayar. Jenis penelitian ini yakni dengan menerapkan konsep data mining dengan melibatkan sebanyak 100 data pengguna kartu Telkomsel prabayar melalui penyebaran kuesioner. Terdapat atribute dalam setiap variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diantaranya yakni : harga, promosi, kualitas produk dan kualitas layanan. Berdasarkan hasil perhitungan manual dan dengan bantuan software RapidMiner studio 9.7 diketahui yang menjadi akar (root) adalah variabel kualitas layanan dengan nilai gain tertinggi sebesar 0.266396957 dan hasil klasifikasi nilai accuracy sebesar 0.9655 sehingga termasuk dalam kategori klasifikasi sangat baik.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia., 2022 |
Collation |
006.3
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2548-9771
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly