No image available for this title

Text

Penerapan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite (ELECTRE) dalam Proses Segmenting, Targeting, dan Positioning Layanan Akomodasi



Salah satu tantangan dalam pemasaran strategi pemasaran ialah menetapkan segmen dan target pasar yang sesuai serta meningkatkan daya saing melalui positioning yang kuat. Dalam upaya menetapkan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada bisnis layanan akomodasi, diperlukan dukungan model pendukung keputusan yang relevan dengan ketersediaan sumberdaya dan lingkungan pasar. Penelitian ini menerapkan metode Elimination et Choix Traduisant la Realite (ELECTRE) dalam proses segmenting, targeting, dan positioning layanan akomodasi hotel, homestay dan resort. Tahapan dalam metode ELECTRE ialah sebagai berikut : tahap menentukan kriteria dan alternatif; tahap normalisasi matriks keputusan; tahap pembobotan matriks normalisasi; tahap penentuan himpunan concordance dan discordance pada index; tahap kalkulasi matriks concordance dan discordance; tahap kalkulasi matriks dominan concordance dan discordance; tahap penentuan aggregate dominance matrix; tahap eliminasi alternatif less favourable. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa metode ELECTRE dapat memberikan struktur dan kerangka kerja pengambilan keputusan yang sistematis terutama dalam proses segmenting, targeting, dan positioning untuk mengoptimalkan peforma atau kinerja usaha sesuai dengan tujuan dan proses bisnis. Berdasarkan hasil implementasi metode ELECTRE dapat diketahui bahwa A1 memiliki nilai E sebesar 63,52 sehingga menempati posisi pertama. Selanjutnya, A2 memiliki nilai E sebesar 53, 74 sehingga menempati posisi kedua. Adapun, A3 memiliki nilai E sebesar 49, 74 sehingga menempati posisi ketiga. Berdasarkan penerapan metode ELECTRE, maka bisnis layanan akomodasi seperti hotel (A1), homestay (A2), dan resort (A3) perlu mengoptimalkan bauran pemasaran 9P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, performance, partnership) dalam proses Segmenting, Targeting, dan Positioning. Disisi lain, terdapat tantangan dalam metode ELECTRE yaitu integrasi preferensi subyektif para pemilik modal dalam proses pengambilan keputusan menggunakan yang dapat menimbulkan distorsi hasil akibat subjektifitas dan kepentingan individu.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
005
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly