No image available for this title

Text

Penerapan Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Market Basket Analisis Pada Data Transaksi NonPromo



Penelitian ini bertujuan untuk mencari aturan asosiasi berdasarkan transaksi member salah satu perusahaan retail pada item non promo. Metode pada penelitian ini menggunakan Association rules dengan menggunakan algoritma apriori dan FP-Growth untuk mendapatkan Frequent Itemset. Tahap analisis data dilakukan mulai dari Exploratory Data Analysis, Pre-Processing Data, Transformation Data, Data Mining, hingga mengevaluasi hasil aturan asosiasi yang terbentuk. Peneliti melakukan 4 kali percobaan dengan minimal support 0.02 dan minimal confidence 0.25 pada apriori dan FP-Growth merupakan yang terbaik dengan menghasilkan 52 frequent itemset dan 17 aturan asosiasi. Dengan dataset berjumlah 379.635, apriori lebih cepat dalam memproses frequent itemset dengan waktu 1.10 detik sedangkan FP-Growth dengan 1.86 detik. Apriori dan FP-Growth menghasilkan frequent itemset yang sama yaitu kategori tertinggi diperoleh Sigaret Kretek Tangan dengan support 0.32 dan Sigaret Kretek Mesin dengan support 0.26, tetapi untuk aturan asosiasi terbaik dihasilkan oleh kategori Extruded & Pellet dan Sweetened Condensed Milk dengan confidence 0.47, yang apabila item dengan kategori Extruded & Pellet dibeli bersamaan dengan item kategori Sweetened Condensed Milk memiliki tingkat keberhasilan sebesar 47%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly