No image available for this title

Text

Penerapan Case Base Reasoning Pada Sistem Pakar Aspek Perkembangan Berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak



Setiap anak akan berkembang di setiap aspek perkembangan. Namun setiap anak akan mengalami perkembangan yang berbeda-beda di setiap aspek perkembangannya. Banyaknya orang tua yang kurang menyadari pentingnya perkembangan anak usia dini dan kurang memperhatikan perkembangan anak dalam setiap aspek perkembangan. Pentingnya aspek perkembangan anak diusia 5-6 tahun dimana usia ini akan menjadi bekal anak dalam memasuki jenjang selanjutnya seperti sekolah dasar. Upaya untuk mengatasi masalah ini dengan pengembangan sistem pakar menjadi solusi yang efektif. Sistem pakar membantu orang tua untuk memudahkan menentukan aspek perkembangan yang lebih dominan pada anak usia 5-6 tahun. Dalam penelitian sistem pakar ini menerapkan metode Case Base Reasoning digunakan untuk mencocokan kasus baru dengan kasus terdahulu yang telah dipecahkan yang tersimpan dalam basis kasus. Dengan demikian, diharapkan kesadaran dan perhatian orang tua terhadap perkembangan anak lebih meningkat sehingga orang tua dapat memberikan dukungan dan pembelajaran yang lebih optimal dan sesuai dengan kebutuhan anak. Hasil yang diperoleh untuk aspek yang lebih dominan dalam perkembangan anak usia 5-6 tahun berdasarkan indikator Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) RA yang telah ditetapkan oleh Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 3331 Tahun 2021 dengan 6 aspek perkembangan anak seperti nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni didapatkan hasil pengujian dengan metode case base reasoning terhadap analisis pakar dengan 5 data uji mendapatkan 4 data uji akurat dan 1 data uji tidak akurat sehingga mendapatkan akurasi sebesar 80 %.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly