Record Detail
Advanced Search
Text
Study Komparatif Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Learning Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA
pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Team
Games Tournament dan Learning Tournament pada hasil belajar
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa kelas XI SMA
N 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016, (2) hasil belajar yang lebih
baik antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Team
Games Tournament dan Learning Tournament pada mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa kelas
XI SMA N 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016, (3) penerapan model
pembelajaran Teams Games Tournament dan Learning
Tournament terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran TIK
kelas XI SMA N 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016, (4) respon
siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016
terhadap pembelajaran mata pelajaran TIK menggunakan model
pembelajaran Teams Gamesh Tournament dan model
pembelajaran Learning Tournament
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu
(quasy experiment). Desain yang digunakan adalah “Posttest-Only
Nonequivalent Control Grup Design”. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sawan. Sampel
ditentukan melalui teknik random sampling dengan mengundi
kelas-kelas yang setara, sehingga diperoleh sampel kelas XI IPS 1
sebagai kelompok eksperimen 1, kelas X1 IPS 2 sebagai kelompok
eksperimen 2, dan kelas XI IPS 3 sebagai kelompok kontrol.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes
pilihan ganda. Tujuannya untuk mengukur ranah kognitif, ranah
psikomotor menggunakan rubrik penilaian tes psikomotor. Data
hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan melakukan uji
prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas.
Pengujian hipotesis menggunakan uji anova satu jalur, dan uji
pasangan t-scheffe. Motivasi dan Respon siswa menggunakan
metode angket. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model
pembeajaran Team Games Turnament terhadap hasi belajar TIK
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016
dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model
pembelajaran Learning Tournament maupun yang menggunakan
model pembelajaran konvensional. Motivasi dan Respon siswa
pada model pembelajaran Team Games Tournament lebih tinggi
daripada model pembelajaran Learning Tournament.. Ini berarti,
model pembelajaran Team Games Tournament lebih disenangi
oleh siswa.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia., 2017 |
Collation |
005
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2089-8673
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly