Record Detail
Advanced Search
Text
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan untuk Siswa SMPLB Tunarungu dengan Pendekatan Multi Representasi
Ketersediaan sumber belajar matematika khusus untuk siswa tuna rungu saat ini masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar interaktif materi pecahan yang valid, praktis dan efektif untuk memenuhi kebutuhan khusus pembelajaran matematika bagi siswa tuna rungu. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SLBN 1 Buleleng. Pengembangan bahan ajar menggunakan model ADDIE (Analisys, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Data kevalidan bahan ajar dikumpulkan dengan angket evaluasi ahli, data kepraktisan bahan ajar dikumpulkan dengan angket respon siswa, angket respon guru dan data kefektifan bahan ajar dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Bahan ajar disusun dengan pendekatan multi representasi, dilengkapi visualisasi yang menarik berupa media geogebra dan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dengan demikian bahan ajar interaktif yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang baik dan layak. Selanjutnya bahan ajar ini perlu dilakukan uji lapangan lebih luas agar memenuhi kelayakan secara empirik.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia., 2020 |
Collation |
005
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2089-8673
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly