Image of ANALISIS KUALITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  SISWA SMK

Text

ANALISIS KUALITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK



Berkembangnya e-learning mengakibatkan perubahan paradigm menjadi student centered learning. Perubahan ini tidak seimbang dengan penggunaan e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas e-learning dari sisi siswa SMK. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMK yang ada di Kota Malang dengan populasi 32.802 pada tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disusun berdasarkan model McCall. Kuesioner telah divalidasi menggunakan expert judgement dan dilakukan uji reliabilitas. Hasil dari validasi dan reliabilitas kuesioner dinyatakan sebagai sebagai kuesioner yang valid dan reliabel. Analisis data yang diperoleh dilakukan dengan analisis data deskiptif sebagai berikut: (1) correctness, didapatkan hasil sebesar 73%; (2) Reliability dengan nilai rata-rata sebesar 72%; (3) Efficiency dengan nilai sebesar 76%; (4) Integrity dengan nilai rata-rata sebesar 74%; (5) Usability dengan nilai rata-rata sebesar 76%. Rata-rata yang diperoleh 75% bermakna kualitas e-learning memberikan dorongan pada siswa dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia.,
Collation
005
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2089-8673
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly