Record Detail
Advanced Search
Text
ANALISIS KUALITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Berkembangnya e-learning mengakibatkan perubahan paradigm menjadi student centered learning. Perubahan ini tidak seimbang dengan penggunaan e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas e-learning dari sisi siswa SMK. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMK yang ada di Kota Malang dengan populasi 32.802 pada tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disusun berdasarkan model McCall. Kuesioner telah divalidasi menggunakan expert judgement dan dilakukan uji reliabilitas. Hasil dari validasi dan reliabilitas kuesioner dinyatakan sebagai sebagai kuesioner yang valid dan reliabel. Analisis data yang diperoleh dilakukan dengan analisis data deskiptif sebagai berikut: (1) correctness, didapatkan hasil sebesar 73%; (2) Reliability dengan nilai rata-rata sebesar 72%; (3) Efficiency dengan nilai sebesar 76%; (4) Integrity dengan nilai rata-rata sebesar 74%; (5) Usability dengan nilai rata-rata sebesar 76%. Rata-rata yang diperoleh 75% bermakna kualitas e-learning memberikan dorongan pada siswa dalam menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia., 2020 |
Collation |
005
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2089-8673
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly