Record Detail
Advanced Search
Text
OPEN PROJECT BASED LEARNING (OPjBL) PADA ANIMASI DASAR 2D MENGGUNAKAN PENDEKATAN POLYA
Kemampuan dan keahlian dalam memecahkan masalah sangat dibutuhkan oleh setiap mahasiswa. Peran OPjBL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpikir kreatif, mengemukakan ide kritisnya, keterampilan kolaboratif, dan penggunaan teknologi yang akan bermakna dalam dunia kerja dan di kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan OPjBL. Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimen semu. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) yang berjumlah 27 mahasiswa. Uji paired sample t-test digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan pretest nilai rata-rata 67,q52, nilai terendah 60,00 dan nilai tertinggi 79, sedangkan berdasarkan posttest nilai rata-rata 75,48, nilai terendah 66,00 dan nilai tertinggi 90,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah mahasiswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan OPjBL dan perbedaan ini sangat dipengaruhi oleh sintaksis model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OPjBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam membuat animasi dasar 2D.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia., 2020 |
Collation |
005
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2089-8673
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly