Image of PENGEMBANGAN SERIOUS GAME BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Text

PENGEMBANGAN SERIOUS GAME BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR



Penelitian ini bertujuan mengembangkan serious game materi KPK dan FPB kelas 4 Sekolah Dasar yang dinamai “Math Snake”, bersifat single player game di mana pemain diarahkan memiliki kompetensi pengetahuan dan keterampilan menentukan KPK dan FPB dua bilangan melalui proses bermain. Pencapaian kompetensi diperoleh melalui implementasi metode inkuiri yang diintegrasikan ke dalam skenario permainan. Pemain yang berhasil menyelesaikan seluruh tantangan dalam game dikategorikan sebagai pemenang, pemain yang kehabisan nyawa atau waktu dalam game akan mengalami Game Over. Prosedur pengembangan game menerapkan model penelitian 4D namun hanya sampai tahap ketiga. Kelayakan game dinilai oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa game sudah terkategori baik dan merekomendasikannya untuk digunakan. Uji coba terbatas dilakukan terhadap empat siswa Sekolah Dasar kelas 4 menunjukkan bahwa mereka termotivasi dan antusias dalam menggunakan Math Snake. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Math Snake dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang motivatif dan menyenangkan.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia.,
Collation
005
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2089-8673
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly