Image of INVESTIGATING THE ZOOM APPLICATION AS A VIDEO CONFERENCING PLATFORM IN THE ONLINE LEARNING PROCESS BASED ON TEACHER'S PERCEPTION

Text

INVESTIGATING THE ZOOM APPLICATION AS A VIDEO CONFERENCING PLATFORM IN THE ONLINE LEARNING PROCESS BASED ON TEACHER'S PERCEPTION



Penggunaan platform Zoom merupakan salah satu solusi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran online yang masih memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penerapan dan pemanfaatannya. Studi ini mengeksplorasi persepsi guru tentang penggunaan platform ini dan kelebihan dan kekurangannya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengikuti Model Analisis Data Kualitatif oleh Miles, Huberman, dan Saldaña (2014). Data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka melalui Google Form, melibatkan 12 guru bahasa asing. Kajian tersebut mengungkapkan bahwa para guru menganggap Zoom sangat bermanfaat dalam proses belajar mengajar, terutama di masa pandemi ini dalam menyampaikan dan menjelaskan materi pembelajaran karena Zoom menyediakan berbagai fitur bermanfaat yang mendukung pembelajaran bahasa asing. Guru menganggap Zoom sebagai platform yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran online selama pandemi. Namun, para guru juga mengakui beberapa tantangan yang mereka hadapi dalam menggunakan Zoom dalam pengajaran bahasa asing mereka, seperti koneksi yang tidak stabil, pulsa internet yang mahal, dan keterbatasan waktu.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia.,
Collation
005
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2089-8673
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly