Image of KLASIFIKASI GAYA BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN GARIS TELAPAK TANGAN MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK

Text

KLASIFIKASI GAYA BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN GARIS TELAPAK TANGAN MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK



Gaya belajar dapat diartikan sebagai cara seorang siswa dalam menangkap berbagai informasi dalam proses pembelajaran. Model gaya belajar yang paling popular adalah model Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK). Walaupun setiap siswa pada dasarnya dapat menerima materi dalam berbagai bentuk, namun pembelajaran akan lebih efektif jika materi disajikan sesuai gaya belajar siswa. Untuk mengetahui gaya belajar, dapat dilakukan dengan melakukan serangkaian asesmen menggunakan instrumen yang terdiri dari sejumlah pertanyaan. Asesmen tersebut memerlukan waktu yang cukup lama untuk memperoleh kesimpulan gaya belajar yang dominan. Pada penelitian ini, diusulkan metode identifikasi gaya belajar berdasarkan pola garis tangan (palmistry). Citra telapak tangan yang diperoleh dari 40 responden dianalisis memanfaatkan metode Convolutional Neural Network (CNN) untuk mendapatkan klasifikasi gaya belajar. Hasil pengujian terhadap model CNN diperoleh akurasi sebesar 70%, presisi 72%, dan recall 70%. Dengan demikian, identifikasi gaya belajar berbasis citra telapak tangan memiliki potensi yang besar dalam pengembangan sistem identifikasi gaya belajar yang lebih cepat dan akurat.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) : Indonesia.,
Collation
005
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2089-8673
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly