No image available for this title

Text

Analisis Data Penjualan Pasca COVID-19 Menggunakan Algoritma K-Means



Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk ke berbagai sektor. Tak terkecuali sektor ekonomi. Bahkan negara-negara maju sekali pun ikut terkena dampak yang sangat serius di sektor ekonomi dari adanya pandemi ini. Para pelaku usaha dalam berbagai lini melakukan transformasi yang massif untuk bangkit dari keterpurukan tersebut. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dengan mengubah system marketing dan transaksi penjualan dari yang sebelumnya offline ke online. Penelitian ini akan melakukan analisis penjualan pasca Covid-19 dengan menggunakan dataset dari Narasio Data. Produk yang akan dianalisis berupa penjualan produk sport dan apparel. Hasil analisis akan menampilkan produk apa saja yang paling cepat terjual, pengaruh rating produk dan pemberian diskon dengan tingkat penjualan, serta keterkatian antara banyaknya variasi brand dengan tingkat penjualan. Proses analisis menggunakan pendekatan segemntasi produk. Algoritma yang digunakan untuk melakukan segmentasi adalah K-Means. Algoritma tersebut sangat handal untuk kasus clustering produk.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly