No image available for this title

Text

Analisis Minat Penggunaan Fitur Permohonan Layanan Pln Pada Aplikasi New PLN Mobile Dengan Menggunakan Metode TAM 3



PT PLN (Persero) sebagai perusahaan BUMN dengan usaha di bidang ketenagalistrikan selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan platform aplikasi yang telah ada yaitu PLN Mobile menjadi New PLN Mobile. Sebagai pengembangan dari aplikasi sebelumnya, PLN menambahkan fitur permohonan layanan pasang baru, perubahan daya, hingga permohonan untuk perubahan tarif pada aplikasi New PLN Mobile. Namun dengan adanya penambahan fitur baru, yaitu fitur permohonan layanan PLN pada aplikasi New PLN Mobile, akan merubah proses bisnis layanan PLN yang sudah berjalan bertahun-tahun. Perubahan proses bisnis tersebut akan mempengaruhi kebiasaan pelanggan dalam bermohon layanan PLN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan pelanggan terhadap fitur permohonan layanan di aplikasi New PLN Mobile diukur melalui intensitas (perceived usefulness) dan kemudahan (ease of use) pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran angket yang dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) 3. TAM merupakan metode statistik yang menggabungkan antara penerimaan teknologi dengan model persamaan terstruktur. Hasil yang didapatkan adalah Perceived Usefulness (PU) dipengaruhi oleh Subjective Norm (SN), Job Relevance (REL), Output Quality (OUT) dan Result of Demonstrability (RES), sedangkan Perceived Ease of Use (PEOU) dipengaruhi oleh Perception of External Control (PEC), Computer Anxiety (CANX), Computer Playfulness (CPLAY) dan Perceived Enjoyment (ENJ), kemudian Behavioral Intention (BI) dipengaruhi oleh Perceived Usefulness (PU) dan Perceived Ease of Use (PEOU), serta Use Behavioral (USE) dipengaruhi oleh Behavioral Intention (BI). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan aplikasi New PLN Mobile dan perbaikan kualitas layanan PLN kedepannya.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Minat Penggunaan Fitur Permohonan Layanan Pln Pada Aplikasi New PLN Mobile Dengan Menggunakan Metode TAM 3
    PT PLN (Persero) sebagai perusahaan BUMN dengan usaha di bidang ketenagalistrikan selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan platform aplikasi yang telah ada yaitu PLN Mobile menjadi New PLN Mobile. Sebagai pengembangan dari aplikasi sebelumnya, PLN menambahkan fitur permohonan layanan pasang baru, perubahan daya, hingga permohonan untuk perubahan tarif pada aplikasi New PLN Mobile. Namun dengan adanya penambahan fitur baru, yaitu fitur permohonan layanan PLN pada aplikasi New PLN Mobile, akan merubah proses bisnis layanan PLN yang sudah berjalan bertahun-tahun. Perubahan proses bisnis tersebut akan mempengaruhi kebiasaan pelanggan dalam bermohon layanan PLN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan pelanggan terhadap fitur permohonan layanan di aplikasi New PLN Mobile diukur melalui intensitas (perceived usefulness) dan kemudahan (ease of use) pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran angket yang dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) 3. TAM merupakan metode statistik yang menggabungkan antara penerimaan teknologi dengan model persamaan terstruktur. Hasil yang didapatkan adalah Perceived Usefulness (PU) dipengaruhi oleh Subjective Norm (SN), Job Relevance (REL), Output Quality (OUT) dan Result of Demonstrability (RES), sedangkan Perceived Ease of Use (PEOU) dipengaruhi oleh Perception of External Control (PEC), Computer Anxiety (CANX), Computer Playfulness (CPLAY) dan Perceived Enjoyment (ENJ), kemudian Behavioral Intention (BI) dipengaruhi oleh Perceived Usefulness (PU) dan Perceived Ease of Use (PEOU), serta Use Behavioral (USE) dipengaruhi oleh Behavioral Intention (BI). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan aplikasi New PLN Mobile dan perbaikan kualitas layanan PLN kedepannya.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly