No image available for this title

Text

Aplikasi Augmented Reality Geometri Sekolah Dasar Untuk Bangun Datar dan Ruang Menggunakan Metode Marker Based Tracking



Geometri merupakan bagian penting untuk penguasaan matematika siswa. Dalam penerapannya, siswa masih terkendala dalam membayangkan objek secara abstrak. Dibutuhkan media pembelajaran yang tepat yang digunakan oleh guru dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan obyek bangun datar dan bangun ruang dalam mengajar geometri menggunakan media pembelajaran augmented reality berbasis aplikasi android sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, konkrit dan visual dilengkapi dengan fitur kuis game yang berisi kuis bersifat permainan puzzle. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity3D dan Vuforia SDK serta objek 3D dibuat menggunakan Blender. Aplikasi ini memanfaatkan metode marker yang digunakan guna menentukan titik munculnya objek 3D. Hasil pengujian aplikasi menggunakan metode black box menyatakan bahwa pendeteksian terhadap marker pada obyek, fitur-fitur serta tingkat kecepatan perangkat yang menggunakan aplikasi berjalan dengan baik. Metode Marker Based Tracking dapat digunakan untuk mengenali marker obyek bidang datar dan bidang ruang dengan sangat baik.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly