No image available for this title

Text

DM Metode Apriori Untuk Analisis Pola Penjualan Barang Fashion (Achmad Ardiansyah) |1301 Implementasi Data Mining dengan Metode Apriori Untuk Analisis Pola Penjualan Barang Fashion



Menjamurnya toko online merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang merubah cara pola berpikir konsumen dalam bertransaksi. Walaupun banyak muncul toko online baru setiap tahun namun faktanya banyak juga toko online yang tidak bertahan lama, karena persaingan yang sangat ketat dan salah dalam strategi pemasaran. Setiap pemilik toko online berusaha mencari strategi supaya tokonya mampu bertahan. Strategi yang bisa diterapkan yaitu dengan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kemampuan pemilik toko dalam melihat keinginan dan kebutuhan konsumen akan berdampak pada peningkatan penjualan. Dengan kemampuan tersebut pemilik toko dapat menata produknya dan membuat promosi menggunakan kombinasi produk tertentu. Algoritma apriori adalah teknik yang dipakai pada penelitian ini. Dalam algoritma tersebut dilakukan proses iterasi menggunakan nilai minimum support dan confidence guna menilai setiap kombinasi produk. Kemudian mengeliminasi kombinasi barang yang tidak mencapai minimum support. Berdasarkan algoritma tersebut diperoleh frekuensi barang yang paling banyak dibeli bersamaan untuk memberi manfaat pada manajemen dalam menyusun dan mengkombinasikan produk untuk mengoptimalkan pemasaran. Selanjutnya memanfaatkan nilai confidence yang memberikan Gambaran tentang relasi antar produk. Implementasi algoritma apriori bisa dimanfaatkan guna menganalisa data transaksi pada periode tertentu. Sehingga hasil informasi yang dihasilkan algoritma ini bisa dimanfaatkan pada strategi pemasaran dan promosi produk yang sesuai oleh keinginan pelanggan.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
006.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Implementasi Data Mining dengan Metode Apriori Untuk Analisis Pola Penjualan Barang Fashion
    Menjamurnya toko online merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang merubah cara pola berpikir konsumen dalam bertransaksi. Walaupun banyak muncul toko online baru setiap tahun namun faktanya banyak juga toko online yang tidak bertahan lama, karena persaingan yang sangat ketat dan salah dalam strategi pemasaran. Setiap pemilik toko online berusaha mencari strategi supaya tokonya mampu bertahan. Strategi yang bisa diterapkan yaitu dengan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kemampuan pemilik toko dalam melihat keinginan dan kebutuhan konsumen akan berdampak pada peningkatan penjualan. Dengan kemampuan tersebut pemilik toko dapat menata produknya dan membuat promosi menggunakan kombinasi produk tertentu. Algoritma apriori adalah teknik yang dipakai pada penelitian ini. Dalam algoritma tersebut dilakukan proses iterasi menggunakan nilai minimum support dan confidence guna menilai setiap kombinasi produk. Kemudian mengeliminasi kombinasi barang yang tidak mencapai minimum support. Berdasarkan algoritma tersebut diperoleh frekuensi barang yang paling banyak dibeli bersamaan untuk memberi manfaat pada manajemen dalam menyusun dan mengkombinasikan produk untuk mengoptimalkan pemasaran. Selanjutnya memanfaatkan nilai confidence yang memberikan Gambaran tentang relasi antar produk. Implementasi algoritma apriori bisa dimanfaatkan guna menganalisa data transaksi pada periode tertentu. Sehingga hasil informasi yang dihasilkan algoritma ini bisa dimanfaatkan pada strategi pemasaran dan promosi produk yang sesuai oleh keinginan pelanggan.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly