No image available for this title

Text

Analisis Sentimen Kendaraan Listrik Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Logistic Regression dan Principal Component Analysis



Analisis sentimen twitter merupakan cara untuk mengidentifikasi pendapat, reaksi, penilaian, evaluasi, dan emosi seseorang terhadap topik tertentu pada media sosial twitter. Pendapat atau bisa disebut opini ini dapat dikategorikan menjadi positif atau negatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini masyarakat terhadap kendaraan listrik pada media sosial twitter lebih mengarah ke positif atau ke negatif. Data yang diperoleh sebanyak 1874 tweets dengan data terbagi menjadi data training dan data testing pada ratio 80:20. Data diklasifikasikan menggunakan metode Logistic Regression (LR), dan Principal Component Analysis (PCA) sebagai optimasi dalam meningkatkan akurasi. Di dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa sekitar 86,9% opini yang ada bersifat positif, dan 13,1% opini bersifat negatif terhadap topik kendaraan listrik. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan algoritma Logistic Regression didapatkan akurasi terbaik sebesar 87,9%, dan setelah dioptimalkan dengan menggunakan Principal Component Analysis akurasi terbaik yang didapat meningkat menjadi 90%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly