No image available for this title

Text

Penerapan k-Means Clustering Berdasarkan Analisis RFM Terhadap Segmentasi Pembeli untuk Meningkatkan Strategi CRM



Suatu industri membutuhkan strategi yang baik dalam menjalankan usahanya. Toko Saga Bako merupakan salah satu industri kecil yang menjual berbagai jenis tembakau dan alat perlengkapannya. Namun dalam pelayanannya kepada para pembeli, Toko Saga Bako belum mempraktikkan strategi Customer Relationship Management (CRM). Untuk mengetahui pembeli yang tidak memberikan keuntungan dan pembeli yang menghasilkan keuntungan besar perlu dilakukan segmentasi pelanggan guna mengetahui nilai pada pembeli (customer value). Penggunaan data mining juga berkontribusi ketika melakukan segmentasi pelanggan melalui penggunaan data pembelian. Metodologi yang diterapkan pada penelitian ini adalah CRISP-DM dengan data pembelian pada Toko Saga Bako bulan Januari sampai Maret 2022. Algoritma k-means diterapkan dalam pembentukan cluster berdasarkan model Recency, Frequency, Monetary (RFM), dengan bantuan tools Weka 3.8.5. Pada penentuan jumlah cluster (k) terbaik digunakan metode Elbow. Hasil yang didapat yakni dari 47 pembeli dengan 663 data transaksi terbagi menjadi tiga cluster, 26 pembeli berpotensi rendah, 10 pembeli berpotensi sedang, dan 11 pembeli berpotensi tinggi.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly