No image available for this title

Text

Klasterisasi Konsentrasi Keahlian Siswa SMK Berdasarkan Kurikulum Merdeka



Proses penentuan konsentrasi keahlian yang dilakukan di SMK YPC Tasikmalaya memiliki kekurangan seperti mengambil keputusan berdasarkan keinginan peserta didik tanpa memperhatikan nilai akademik pada jenjang pendidikan sebelumnya. Sehingga ada sebagian peserta didik yang merasa kurang tepat dalam memilih konsentrasi keahlian, mengakibatkan kurangnya kompetensi yang dimiliki peserta didik dengan konsentrasi keahlian yang dipilih. Pemilihan konsentrasi keahlian merupakan hak setiap peserta didik, namun jika salah dapat menyebabkan turunnya motivasi belajar dan rendahnya prestasi belajar. Masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan metode clustering dengan algoritma K-Means. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan minat peserta didik dalam memilih konsentrasi keahlian di SMK YPC Tasikmalaya berdasarkan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelompokan minat peserta didik dalam memilih konsentrasi keahlian terbentuk menjadi 4 cluster. Cluster yang anggotanya paling banyak adalah cluster 0, yaitu peserta didik yang memiliki nilai rata-rata Matematika 79, kemudian Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 83. Selanjutnya cluster dengan jumlah anggota paling sedikit adalah cluster 2, yaitu peserta didik yang memiliki nilai rata-rata 78 Matematika dan Bahasa Inggris, kemudian Bahasa Indonesia 79.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia.,
Collation
006
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-5278
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly