Record Detail
Advanced Search
Text
Klasterisasi Konsentrasi Keahlian Siswa SMK Berdasarkan Kurikulum Merdeka
Proses penentuan konsentrasi keahlian yang dilakukan di SMK YPC Tasikmalaya memiliki kekurangan seperti mengambil keputusan berdasarkan keinginan peserta didik tanpa memperhatikan nilai akademik pada jenjang pendidikan sebelumnya. Sehingga ada sebagian peserta didik yang merasa kurang tepat dalam memilih konsentrasi keahlian, mengakibatkan kurangnya kompetensi yang dimiliki peserta didik dengan konsentrasi keahlian yang dipilih. Pemilihan konsentrasi keahlian merupakan hak setiap peserta didik, namun jika salah dapat menyebabkan turunnya motivasi belajar dan rendahnya prestasi belajar. Masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan metode clustering dengan algoritma K-Means. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan minat peserta didik dalam memilih konsentrasi keahlian di SMK YPC Tasikmalaya berdasarkan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelompokan minat peserta didik dalam memilih konsentrasi keahlian terbentuk menjadi 4 cluster. Cluster yang anggotanya paling banyak adalah cluster 0, yaitu peserta didik yang memiliki nilai rata-rata Matematika 79, kemudian Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 83. Selanjutnya cluster dengan jumlah anggota paling sedikit adalah cluster 2, yaitu peserta didik yang memiliki nilai rata-rata 78 Matematika dan Bahasa Inggris, kemudian Bahasa Indonesia 79.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA : Indonesia., 2022 |
Collation |
006
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2614-5278
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly