No image available for this title

Text

TREN MARKETPLACE BERDASARKAN KLASIFIKASI ULASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN PERBANDINGAN KERNEL SUPPORT VECTOR MACHINE



Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang gemar melakukan transaksi perdagangan secara online.
Akan tetapi sejumlah pelaku bisnis kesulitan untuk memilih marketplace untuk memasarkan
produknya. Salah satu penyebabnya karena mereka jarang memperhatikan tren marketplace yang
sedang diperbincangkan konsumen. Oleh karena itu, menganalisis tren di media sosial seperti Twitter,
menjadi sangat penting bagi para pebisnis untuk memahami pola kecenderungan konsumen terhadap
jasa atau produknya. Maka tujuan penelitian ini yaitu membuat model yang dapat menganalisis tren
marketplace berdasarkan klasifikasi ulasan pelanggan di Twitter menggunakan algoritme SVM.
Kernel yang digunakan yaitu linear, RBF, sigmoid, dan polynomial dengan optimasi parameter
menggunakan grid search. Metodologi yang digunakan yaitu KDD. Hasil evaluasi model klasifikasi
terbaik yaitu kernel sigmoid dengan nilai accuracy 92%, precision 92%, recall 92%, dan F1 score
92% serta parameter C=100, γ=0.01, dan r=1. Hasil tren marketplace berdasarkan persentase ulasan
positif tertinggi adalah Tokopedia, Shopee, dan yang terakhir Bukalapak.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) : Indonesia.,
Collation
012
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2527–9661
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly