Record Detail
Advanced Search
Text
PERBANDINGAN NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK KLASIFIKASI ULASAN PELANGGAN INDIHOME
IndiHome merupakan penyedia layanan internet dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dengan
jangkauan internet terluas di Indonesia. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu hal yang harus
diperhatikan dalam sebuah perusahaan, termasuk perusahaan IndiHome. Tingkat kepuasan layanan
pelanggan IndiHome ini dapat dilihat dari ulasan pelanggan melalui media sosial Twitter. Penelitian
ini membahas mengenai klasifikasi ulasan pelanggan IndiHome dengan mengaplikasikan tahapan
penelitian CRISP-DM serta penerapan algoritme Naïve Bayes Classifier dan Support Vector Machine
Kernel Linear. Data ulasan pelanggan diperoleh dari Twitter yang berjumlah 1000 tweet dengan
menggunakan tools RapidMiner dan library R. Adapun tahapan preprocessing yang diterapkan yaitu
cleansing, case folding, tokenizing, convert word, stopword, dan stemming. Hasil visualisasi data
disajikan dalam bentuk word cloud yang dikategorikan berdasarkan opini positif dan negatif dari kata
yang sering muncul. Hasil penelitian menunjukkan penerapan algoritme Support Vector Machine
Kernel Linear lebih baik dibandingkan algoritme Naïve Bayes Classifier dengan nilai accuracy
82,11%, precision 76,44%, recall 88,01%, dan nilai AUC 0,909.
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
-
|
Publisher | STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) : Indonesia., 2021 |
Collation |
012
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2527–9661
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other Information
Accreditation |
-
|
---|
Other version/related
No other version available
File Attachment
Information
Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly