No image available for this title

Text

Analisis Sentimen Identifikasi Opini Terhadap Produk, Layanan dan Kebijakan Perusahaan Menggunakan Algoritma TF-IDF dan SentiStrength



Kebutuhan dalam melakukan analisis pada sebuah produk atau kebijakan menjadi suatu hal penting untuk mengukur tingkat keberhasilan. Twitter saat ini menjadi salah satu aplikasi populer yang digunakan oleh masyarakat dalam memberikan kesan dan opininya, baik opini yang bersifat positif, negatif maupun netral. Opini masyarakat yang beragam di Twitter dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mendapatkan tingkat kepuasan masyarakat pada sebuah produk, layanan ataupun kebijakan. Pada penelitian ini sistem analisis sentimen dibuat dengan menggunakan Algoritma TF-IDF dan SentiStrength Langkah-langkah pada penelitian yaitu, pertama crawling data Twitter menggunkaan API Twitter, kedua preprocessing, ketiga melakukan spell correction keempat Pembobotan kata (TF-IDF) dan terakhir klasifikasi SentiStrength, dimana hasil klasifikasi tweet memiliki sentimen positif, negatif atau netral. Pada data uji yang diambil dengan menggunakan kata kunci “vaksin anak” sebanyak 1000 tweet, diperoleh hasil sentimen positif 54%, sentimen negatif 20% dan sentimen netral 26%. Perbandingan dengan analisis data yang sama menggunakan algoritma yang berbeda yaitu Naïve Bayes mendapatkan hasil sentimen positif 55%, negatif 16% dan netral 29%. Decision Tree mendapatkan hasil positif 61%, negatif 14% dan netral 25%.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) : Indonesia.,
Collation
005.3
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2548-9771
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other Information

Accreditation
-

Other version/related

No other version available


File Attachment

  • Analisis Sentimen Identifikasi Opini Terhadap Produk, Layanan dan Kebijakan Perusahaan Menggunakan Algoritma TF-IDF dan SentiStrength
    Kebutuhan dalam melakukan analisis pada sebuah produk atau kebijakan menjadi suatu hal penting untuk mengukur tingkat keberhasilan. Twitter saat ini menjadi salah satu aplikasi populer yang digunakan oleh masyarakat dalam memberikan kesan dan opininya, baik opini yang bersifat positif, negatif maupun netral. Opini masyarakat yang beragam di Twitter dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mendapatkan tingkat kepuasan masyarakat pada sebuah produk, layanan ataupun kebijakan. Pada penelitian ini sistem analisis sentimen dibuat dengan menggunakan Algoritma TF-IDF dan SentiStrength Langkah-langkah pada penelitian yaitu, pertama crawling data Twitter menggunkaan API Twitter, kedua preprocessing, ketiga melakukan spell correction keempat Pembobotan kata (TF-IDF) dan terakhir klasifikasi SentiStrength, dimana hasil klasifikasi tweet memiliki sentimen positif, negatif atau netral. Pada data uji yang diambil dengan menggunakan kata kunci “vaksin anak” sebanyak 1000 tweet, diperoleh hasil sentimen positif 54%, sentimen negatif 20% dan sentimen netral 26%. Perbandingan dengan analisis data yang sama menggunakan algoritma yang berbeda yaitu Naïve Bayes mendapatkan hasil sentimen positif 55%, negatif 16% dan netral 29%. Decision Tree mendapatkan hasil positif 61%, negatif 14% dan netral 25%.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly