No image available for this title

Text

Evaluasi Kepuasan Pengguna Website dengan Kano Model



Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tahapan evaluasi yang secara rutin wajib dilaksanakan dalam setiap ekosistem hidup sistem informasi. Objek penelitian adalah website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS). Penelitian ini diawali dengan tahapan wawancara dan observasi objek, penelitian kemudian dilanjutkan dengan penyusunan rancangan kuesioner menggunakan metode webqual 4.0 dengan tiga indikator yaitu usability quality (UQ), information quality (IQ), dan Service Interaction Quality (IT). Pada tahapan analisis data menggunakan model kano untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna website. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Analisi kano diawali dengan pengelompokan berdasarkan klasifikasi kelas kano Attractive (A), One dimensional (O), Must be (M), dan Indifferent (I). Dilanjutkan dengan penentuan grade dan pencarian nilai rentang tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunukan tingkat ketidakpuasan lebih tingggi dari nilai kepuasan pengguna website sebesar 60%. Maka peneniliti merekomendasikan bagi pengelola website supaya memprioritaskan dan meningkat beberapa item atribut yang masuk dalam klasifikasi One Dimensional (O) dan menjaga item atribut yang ada dalam klasifikasi Attractive (A).


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher JURNAL INFORMATIKA: JURNAL PENGEMBANGAN IT : Indonesia.,
Collation
005
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
2477-5126
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly